Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 29 Juni 2012

SHUKUFUKU NO CAMPANELLA

- Judul: 祝福のカンパネラ (Shukufuku no Campanella)
- Judul Alternatif: Blessing of the Campanella; La Campanella della Benedizione
- Tipe: TV
- Genre: Fantasy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Pada saat hujan meteor di suatu malam, Leicester Maycraft dan para anggota klan Oasis lainnya menemukan automata berwujud gadis kecil bernama Minette bangkit dari tidur panjangnya. Ternyata, Minette memiliki inti berupa artefak Anima Pearl yang mampu mengendalikan Ale dalam jumlah besar, dan dengan sirkulasi Ale di seluruh dunia sedang dalam keadaan tidak stabil, kebangkitan Minette datang pada waktu yang paling tepat.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tidak ada yang istimewa dengan cerita di anime ini. Plotnya sendiri baru mulai berjalan pada sepertiga bagian akhir anime, dan itu pun tidak memberi twist atau kejutan yang layak ditunggu, sementara dua pertiga bagian di awalnya terlalu datar dan hampa untuk dianggap sebagai pengantar cerita sehingga terasa hanya seperti fan-service. Bukan berarti tidak bisa dinikmati, sebab masih terdapat momen-momen kecil yang akan mampu membuat penonton larut, hanya saja cerita di anime ini seolah dibuat seadanya, cuma untuk mengisi slot supaya tidak kosong, dan tidak dipersiapkan secara khusus untuk mengundang penonton datang karenanya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visualisasinya cukup memuaskan. Dari pergerakan para karakternya hingga animasi sihir-sihirnya, anime ini tetap bisa menghibur meski penonton tidak menaruh terlalu banyak perhatian pada ceritanya. Sangat disayangkan bahwa keunggulan ini lebih banyak digunakan pada scene-scene yang 'damai' daripada menampilkan adegan-adegan aksi yang seru untuk memanfaatkan potensinya secara maksimal. Padahal jika melakukannya, seperti yang terdapat di bagian-bagian akhir, anime ini kemungkinan besar akan mampu menutupi jalan ceritanya yang cenderung hambar.

- Karakter:
Meski bukan yang paling kaya, karakterisasi tokoh-tokoh di anime masih bisa dikatakan cukup variatif. Apakah itu navigasi Chelsea yang luar biasa buruk atau kenakalan Ritos yang penuh tipuan, masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi keunikan mereka. Namun, kecuali untuk tokoh Minette, tidak adanya pengembangan karater menyebabkan mereka semua sama sekali tidak memiliki daya tarik yang mampu mengundang penonton untuk mengingat atau coba mengenal mereka lebih jauh. Lalu, tanpa ada seorang pun yang pernah benar-benar mengambil peran antagonis, pada akhirnya semua karakter tetap terasa agak terlalu mirip satu sama lain.

- Overall Score:
Anime ini sama sekali tidak buruk, tetapi kecuali anda secara khusus adalah fans dari franchisenya, dengan cerita yang sederhana dan karakterisasi yang kurang menarik, tidak banyak yang bisa anda dapatkan darinya. Meski demikian, dengan visualisasi yang cukup memuaskan, anime ini masih lebih dari pantas sebagai hiburan di sela-sela waktu anda. Nilai 7 dari 10 (Made for the Fans)


DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar