Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 12 Agustus 2016

BIG ORDER

- Judul: ビッグオーダー (Big Order)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2016)
- Genre: Super Powers; Action;
- Episode: 10
- Rating: Extreme Violence and Extreme Eroticism (Suggestive Actions)
- Sinopsis:
Sepuluh tahun silam, Hoshimiya Eiji bertemu dengan DAISY, gadis misterius yang memberikan kekuatan super Order kepada sejumlah orang berdasarkan keinginan mereka, namun karena tidak mampu mengendalikan kekuatannya, Eiji kemudian menyebabkan bencana yang nyaris menghancurkan seluruh dunia. Sejak saat itu, Eiji bertekad tidak akan pernah mengaktifkan Order miliknya lagi, sampai akhirnya dia bertemu Kurenai Rin yang bermaksud membalas kematian orangtuanya yang tewas akibat bencana yang dia sebabkan. Demi melindungi dirinya, dan juga demi menyelamatkan adiknya yang sakit keras, Eiji pun terpaksa kembali menggunakan kekuatannya, Bind Dominator yang dapat menguasai semua orang di sekelilingnya dan memberi mereka perintah dengan bebas.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski anime ini berusaha mengisyaratkan bahwa ceritanya mengikuti sebuah masterplan yang telah dipersiapkan sejak awal, pada kenyataannya dia selalu berbelok ke sana kemari secara mendadak dan dengan alasan yang begitu lemah, seolah dikemudikan seenaknya tanpa arah yang jelas. Plot utamanya adalah pertempuran antara orang-orang dengan kekuatan super yang disebut Order, tetapi anime ini tidak pernah mampu membangun cerita yang kokoh di sekeliling plot tersebut. Sebab dia memaksakan diri untuk menulis cerita yang terlalu rumit walau sebenarnya hanya memiliki visi yang sangat pendek, maka yang terjadi adalah anime ini mungkin masih bisa menyelesaikan satu bagian cerita dengan cukup baik, namun ketika berpindah ke bagian selanjutnya, dia tidak mampu mengembangkan ceritanya lebih jauh dan akhirnya harus membuat cerita yang sama sekali baru, meski itu berarti menyalahi semua yang ada pada bagian sebelumnya. Sebagai contoh, anime ini tiba-tiba mengatakan bahwa para Order dipercaya oleh PBB untuk menjalankan pemerintahan di beberapa wilayah setelah Jepang runtuh, padahal bukankah sebelumnya dia juga menyebutkan bahwa para Order sangat dibenci dan dianggap jahat oleh sebagian besar masyarakat? Bagaimana mungkin mereka kemudian diharapkan untuk menjaga ketertiban? Keterbatasan anime ini dalam menyiapkan cerita secara utuh juga terlihat dari bagaimana dia tidak mampu menetapkan dengan pasti kekuatan apa yang sesungguhnya dimiliki para tokohnya, bahkan termasuk Eiji sendiri. Terkadang dia terlihat seolah tak terkalahkan karena dapat menguasai siapapun atau apapun yang berada di dalam wilayahnya, tetapi terkadang dia terlihat begitu tak berdaya sampai dia bahkan tidak bisa mencegah Rin dari berusaha membuatnya terbunuh. Anime ini terus mengubah aturan semaunya dan tanpa perencanaan matang, sehingga tidak hanya ceritanya menjadi teramat kacau, berupaya memahaminya pun terasa hanya sebagai tindakan yang bodoh dan sia-sia.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasi dan sinematografinya sangat kasar, sementara musik latarnya juga seringkali terdengar tidak sesuai dengan atmosfer dari suatu situasi. Secara obyektif, anime ini sebenarnya bukan yang paling buruk, sebab penonton masih selalu bisa mengerti apa yang sedang terjadi. Namun, dia tidak pernah berhasil menyertakan emosi yang tepat ke dalam setiap adegannya. Momen pribadi yang seharusnya menyentuh, insiden besar yang semestinya menghebohkan, atau aksi-aksi pertarungan yang sepatutnya seru dan menegangkan -- semuanya tidak memiliki nuansa sebagaimana yang diharapkan, maka pada akhirnya audio visual di anime tetap gagal menjalankan tugas mereka.

- Tokoh/Karakter:
Eiji yang bersedia melakukan apa saja untuk menyelamatkan nyawa adiknya dan Rin yang ingin membunuh Eiji demi membalas kematian kedua orangtuanya -- konflik kepentingan seperti ini menambah lebih banyak dimensi pada pertarungan para tokohnya dan menjadikannya penuh warna. Namun, hal ini hanya berlaku pada bagian awal, sebab ketika ceritanya terus berubah semakin kacau, para tokoh di anime ini pun ikut terombang-ambing tidak keruan di dalamnya. Setiap orang mendadak memiliki motif baru, yang seketika menyebabkan motif sebelumnya nyaris sama sekali tidak relevan. Meski masih selalu mengkhawatirkan Sena, Eiji tidak lagi berusaha mencari cara untuk menyembuhkan penyakit adiknya tersebut. Rin seolah lupa bahwa dia harus membalas dendam kepada Eiji. Hiiragi yang semula berambisi menguasai Jepang hingga mendeklarasikan perang ternyata kemudian hanya mencari seseorang. Dan ketika motivasi mereka tidak punya wujud pasti, karakter tokoh-tokoh ini juga akhirnya tampak tidak jelas. Bahkan Sena, yang awalnya cuma berbaring tidak berdaya di rumah sakit, tiba-tiba saja berubah menjadi tokoh yang cerdik dengan banyak strategi dan cukup licik untuk bisa memanipulasi orang lain. Dengan permulaan yang baik, anime ini sebenarnya sempat mampu memetakan para tokohnya untuk menciptakan kombinasi yang menarik, tetapi alterasi yang ceroboh di tengah cerita menunjukkan bahwa dia tidak pernah tahu persis peran apa yang dia inginkan dari mereka.

- Overall Score:
Cerita tentang pertempuran antar orang-orang dengan kekuatan super adalah hal biasa, tetapi menjelaskan dari mana kekuatan itu berasal dan bagaimana pertempuran itu dimulai bukanlah perkara mudah. Anime ini coba menjawab tantangan tersebut, namun sayang, dia akhirnya gagal total. Karena keterbatasan dalam perencanaan jangka panjang, ceritanya terus berubah-ubah seenaknya, para tokohnya tidak punya karakter yang jelas, dan ditambah pula dengan audio visual yang tidak mendukung, terlalu sedikit yang dapat anda nikmati dari anime ini. Skor 5,5 dari 10 (Failed Miserably)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Goods:
- CD Opening Theme
- CD Ending Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar