Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 06 Januari 2017

AMANCHU!

- Judul: あまんちゅ! (Amanchu!)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2016)
- Genre: Comedy; Slice of Life;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence
- Sinopsis:
Ketika harus berpisah dari teman-temannya di Tokyo dan pindah ke Shizuoka yang benar-benar asing baginya, Ooki Futaba tidak pernah berhenti merasa resah. Syukurlah, dia kemudian bertemu dengan Hikari, yang tidak hanya memperkenalkan kepada Futaba kesenangan dalam menekuni Scuba Diving, tetapi juga mengajarkan bagaimana cara memandang hidup dengan lebih positif. Dengan Hikari selalu berada di sampingnya, dan juga setelah dia bergabung dengan Klub Menyelam di sekolahnya, kehidupan Futaba yang semula tampak begitu suram pun akhirnya perlahan mulai terlihat terang.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski sekilas anime ini terlihat seperti bercerita tentang perkenalan Futaba ke dalam dunia Scuba Diving, pada inti yang terdalam dia sesungguhnya hanya ingin mengajak penonton untuk menjalani hidup dengan santai sambil senantiasa berpikiran positif. Alhasil, karena para tokohnya lebih sering ditampilkan cuma bermain-main, anime ini pun akan terkesan agak hampa dari hiburan. .... Namun, apakah hal ini memang merupakan sesuatu yang buruk? Ataukah dia hanya terasa buruk karena penonton sudah sangat terbiasa dengan cerita yang penuh dengan aksi mendebarkan, emosi yang mendalam, dan semangat yang tinggi, maka ketika anime ini datang lajunya yang pelan dan sifatnya yang damai, dia seketika akan tampak terlalu ... asing? Sebab, walaupun dia memang berjalan lambat, itu bukan secara otomatis berarti bahwa anime ini akan menyia-nyiakan waktu penonton. Penulisan yang baik menjadikan cerita di setiap episode mengalir dengan lancar, sehingga hanyut mengikuti arusnya tetap terasa menyenangkan dan pesan di dalamnya juga berhasil disampaikan dengan jelas. Ditambah lagi, dia juga mampu menyertakan secara efektif beberapa komedi ringan demi mencegah nuansa ceritanya menjadi terlalu monoton. Ya, tidak seperti dari anime lain pada umumnya yang terus aktif, perbedaan anime ini hanyalah bahwa dia ingin menunjukkan kalau waktu penonton yang berharga juga bisa, atau bahkan perlu lebih sering dimanfaatkan dengan bersantai -- bukan selalu mengejar sesuatu di depan, melainkan sekadar menikmati apa yang sudah ada di sekeliling. Tidak ada jaminan bahwa penonton akan merasa puas setelah menontonnya, tetapi secara obyektif, kualitas cerita anime ini sebenarnya tidak kalah dari siapapun.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasinya sangat bagus, terutama animasi pada air yang bisa jadi merupakan salah satu yang terbaik. Namun, barangkali justru musik latar di anime ini yang akan menjadi bagian paling memorable bagi penonton. Tentu saja, pada akhirnya semua masih bergantung kepada selera setiap orang, tetapi jika anime ini memang mampu meyakinkan seseorang untuk bersantai, hal itu tidak terlepas dari peran besar alunan musiknya yang lembut nan menenangkan.

- Tokoh/Karakter:
Seperti yang telah digambarkan, anime ini lebih cenderung berupa ajakan untuk menikmati hidup daripada sebagai cerita tentang seseorang. Namun, itu bukan bermaksud mengatakan bahwa para tokoh di anime ini tidak memiliki peran penting. Dengan karakter dasar yang selalu merasa ragu-ragu dan melihat hampir semuanya dari sudut pandang negatif, Futaba justru sebaliknya akan menunjukkan paling jelas bahwa berpikir positif adalah memang merupakan suatu hal yang baik. Sementara, demi mengubah cara pandang Futaba tersebut, mendorongnya agar lebih berani bergerak maju dan memperlihatkan bagaimana cara berpikir positif, Hikari yang agresif dan carefree adalah karakter yang paling tepat untuk menjadi pasangannya. Dan selanjutnya, sebagai pelengkap anime ini juga menyertakan kakak-beradik Ninomiya, yang dengan komedi slapsticks mereka membuat kehidupan Futaba terasa semakin menyenangkan bila dia berusaha lebih bersikap positif, dan kemudian perwakilan atas perspektif orang-orang dewasa pada sang guru Katori Mato dan nenek dari Hikari, yang dengan nasihat-nasihat mereka secara alami menjadikan pilihan untuk bersikap positif seketika terkesan bijaksana. Para tokoh anime ini memang bukan hiburan yang berdiri sendiri dengan kisah mereka masing-masing, tetapi mereka tak diragukan lagi merupakan alat-alat yang berfungsi efektif dan efisien dalam memastikan agar pesan anime ini tersampaikan dengan jelas.

- Overall Score:
Relax. Take your time. Enjoy every moment. Sebab hidup tidak harus selalu berupa cerita yang bergegas dari satu titik ke titik berikutnya, tetapi dia juga bisa hanya berarti sekadar menikmati pemandangan dan bersenang-senang bersama orang-orang di sekitar anda. Tidak seperti anime lain pada umumnya yang memiliki satu atau beberapa tokoh sentral dan menyajikan kisah tentang mereka dalam mencapai tujuan tertentu, anime ini justru cuma akan mengajak anda bersantai. Namun, meski nalar anda berkata bahwa ini bukan anime yang anda inginkan, sebaiknya anda tetap coba menontonnya. Dengan audio visual dan para tokohnya selalu berusaha keras untuk membuat anda merasa santai, siapa tahu, tanpa pernah anda sadari, ini adalah anime yang sebenarnya anda butuhkan. Skor 9 dari 10 (Recommended, for those who seek relaxation)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Goods:
- Figure: Futaba
- CD Music: Soundtrack / ED Theme
- CD Drama: Vol 1 / Vol 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar