Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 12 Mei 2017

URARA MEIROCHOU

- Judul: うらら迷路帖 (Urara Meirochou)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Comedy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Tidak seperti gadis-gadis pada umumnya yang berkumpul di Kota Labirin demi mengejar impian menjadi peramal atau Urara ketika usia mereka genap 15 tahun, Chiya sesungguhnya datang ke kota tersebut hanya untuk mencari ibunya. Namun, tanpa petunjuk apapun, dia hanya bisa berharap pada ramalan seorang Urara legendaris, dan karena satu-satunya cara untuk dapat menemui sang Urara adalah dengan menjadi Urara Tingkat Satu, Chiya pun bertekad mengikuti pelatihan sebagai Urara di kedai teh Natsume bersama tiga gadis lainnya, yaitu Kon, Koume, dan Nono.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Terkadang anime ini terkesan seolah akan bercerita serius mengenai impian pribadi yang hendak dicapai oleh masing-masing tokohnya, seperti Chiya yang ingin bertemu dengan ibu kandungnya atau Koume yang ingin menjernihkan prasangka buruk terhadap para peramal. Namun, semua kisah serius ini tampaknya hadir cuma untuk memberi alasan di latar belakang kepada para tokohnya agar berjuang hingga menjadi Urara Tingkat Satu, maka meski anime ini akan berulang kali mengingatkan penonton kembali tentang kisah-kisah tersebut, sesungguhnya belum ada perkembangan berarti yang bisa ditemukan pada serial kali ini yang lebih sering hanya memperlihatkan kegiatan belajar mereka sehari-hari sebagai Urara Tingkat Sepuluh. .... Oleh karena itu pula, mungkin akan lebih tepat jika dikatakan bahwa inti dari anime ini sebenarnya bukanlah terletak pada cerita para tokohnya, melainkan justru pada semua pelajaran yang mereka terima selama perjalanan menuju puncak, terutama ketika bagian komedinya juga masih jarang dan cenderung repetitif. Meminjam perspektif empat peramal pemula, anime ini bermaksud memperkenalkan berbagai hal seputar meramal, dan dengan cakupan yang membentang mulai dari teknik-teknik yang digunakan sampai pada ragam peralatan yang dipakai, dia termasuk salah satu sumber informasi yang cukup kaya. Hanya saja, satu pertanyaan yang kemudian muncul, apakah ini merupakan suatu jenis informasi yang dibutuhkan atau bahkan dicari oleh penonton? Sebab berbeda dari hal-hal supernatural pada umumnya yang secara alami akan mengundang rasa penasaran, ilmu tentang teknik meramal terasa terlalu eksklusif, seakan diperuntukkan khusus bagi mereka yang memang tertarik untuk mencoba mempraktikkannya dan tidak bagi mereka yang sekadar gemar mendengar ramalan. Tentu saja, ini juga berarti pada akhirnya nilai informasi yang dia tawarkan tergantung kepada seberapa besar minat setiap orang, namun mempertimbangkan bahwa peramal bukan salah satu pekerjaan yang paling lazim, sepertinya tidak banyak penonton yang akan mendapati anime ini cukup menarik.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski tidak ada yang seketika terasa istimewa, audio visual di anime ini cukup bagus. Animasi di semua adegan selalu terjaga pada level yang memuaskan, dan voice-acting para tokohnya juga berhasil mewakili karakter mereka masing-masing dengan sempurna. Jika menilainya hanya berdasarkan kualitas penyajian yang tampak di permukaan, anime ini merupakan tontonan yang senantiasa menyenangkan untuk dilihat.

- Tokoh/Karakter:
Mungkin karena tujuan anime ini cenderung hanya ingin mengajarkan berbagai hal tentang meramal, para tokohnya pun kemudian seolah dipersiapkan cuma sebagai sarana untuk menyampaikan pelajaran tersebut. Perilaku Chiya yang bagaikan hewan liar sesekali masih bisa menjadi sumber komedi yang baik, tetapi peran Kon, Koume, dan Nono hanya sampai pada status mereka sebagai peramal pemula yang akan mewakili penonton untuk terus belajar hal-hal baru. Ya, masing-masing mereka memang memiliki karakter yang jelas berbeda, namun tidak ada manfaat yang lahir dari perbedaan itu -- mereka belum terasa cukup unik untuk menjadi sumber komedi tersendiri atau setidaknya terlihat menarik untuk disaksikan, sedangkan kombinasi di antara mereka pun tidak menghasilkan situasi atau pun jenis hubungan yang khas. Kecuali penonton secara khusus menyukai tipe karakter mereka, sangat mudah untuk melupakan para tokoh yang pernah hadir di dalam anime ini.

- Overall Score:
Sebesar apa minat anda terhadap dunia ramal-meramal? Anime ini ingin berbagi informasi mendetil tentang ramalan, maka jika memang hal tersebut yang anda cari, dia tentu akan sangat membantu. Namun, anime ini kemudian tidak menawarkan banyak hal lain untuk menyertai semua informasi tadi. Cerita para tokohnya belum benar-benar mulai berjalan, dan komedinya pun seringkali hanya mengulang-ulang lelucon yang serupa. Maka jika ternyata anda tidak begitu peduli dengan ramalan dan hanya mengharapkan hiburan biasa yang lebih umum, anime ini mungkin bukan pilihan yang tepat. Skor 7 dari 10 (For very specific audience)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Figure: Chiya / Chiya Limited Edition
- CD Music: Soundtrack / OP Theme / ED Theme
- CD Character Song: Ver 1 / Ver 2 / Mini Album

Tidak ada komentar:

Posting Komentar