Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 14 Juli 2017

elDLIVE

- Judul: エルドライブ (elDLIVE)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Action; Comedy; SciFi; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Sejak kecil Kokonose Chuuta selalu diganggu suara misterius yang tidak bisa didengar oleh orang lain. Dia tidak pernah menyadari bahwa suara tersebut sebenarnya berasal dari alien bernama Doruu yang bersemayam di dalam tubuhnya, sampai kemudian dia mendadak diajak bergabung ke kepolisian luar angkasa elDLIVE. Bersama Doruu, Chuuta ternyata memiliki kemampuan untuk menangkap para alien jahat yang berkeliaran di bumi, maka sumber gangguan yang selama ini dia benci pun kini justru perlahan mulai berbalik menjadi kekuatan yang memberi Chuuta rasa percaya diri.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski dia berusaha menghubungkan semuanya dalam satu kisah tentang pertumbuhan Chuuta sebagai anggota elDLIVE, wujud sesungguhnya dari cerita anime ini adalah kumpulan misi yang dijalankan Chuuta dan timnya untuk mengejar para alien di setiap episode. Tentu saja, ini bukan secara langsung merupakan hal yang buruk -- ini hanya berarti bahwa kualitas anime ini harus dinilai berdasarkan pada masing-masing misi tersebut. Dan beruntung, anime ini ternyata cukup kapabel dalam menyajikan cerita-cerita pendek yang terasa menyenangkan untuk disaksikan. Tingkat kerumitannya sendiri bukan yang paling tinggi, sehingga tidak akan ada makna mendalam yang dapat mengajak penonton untuk mulai merenung, dan juga tidak pernah ada kejutan yang benar-benar tidak terduga. Namun, berkat teknik penulisan yang baik, jalan ceritanya kemudian mengalir lancar dan berkembang secara teratur, maka setiap misi pun tetap berhasil tampak sebagai suatu proses investigasi kasus kriminal yang cukup menarik. Selain itu, kelihatannya anime ini juga telah merencanakan bagian komedinya dengan matang. Karena fokus menggunakan kebiasaan-kebiasaan aneh para alien yang Chuuta temui dan pertengkarannya dengan Misuzu sebagai objek lelucon, anime ini menjaga peluang untuk senantiasa menghadirkan lelucon-lelucon segar di setiap misi, sambil sekaligus mencegah komedi tersebut dari menggagalkan bagian action yang lebih serius.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara keseluruhan tampilan visual di anime ini cukup bagus. Kemampuan terbaiknya dalam animasi dan sinematografi memang hanya bisa ditemukan pada adegan-adegan aksi yang berjumlah terbatas, tetapi kualitas anime ini di sepanjang serial tidak pernah turun lebih rendah dari level yang memuaskan.

- Tokoh/Karakter:
Walaupun pada akhirnya tidak banyak makna yang dapat diperoleh dari cerita anime ini, sebenarnya dia sudah berusaha menyertakan beberapa pesan moral. Sayangnya, semua pesan tersebut kemudian hanya menjadi kata-kata kosong tanpa bobot karena sarana yang dia gunakan untuk menyampaikannya, yaitu karakter tokoh Chuuta, terkadang tampak terlalu dibuat-buat. Chuuta lebih cenderung tampak seperti seorang salesman yang bermaksud menjual produknya daripada seseorang yang sekadar ingin berbagi suatu pelajaran hidup, maka meski penonton bisa menangkap pesan yang dia sampaikan, sebagian besar mungkin akan meragukan ketulusan di baliknya. .... Ironisnya, wujud Chuuta yang tidak meyakinkan ini justru disebabkan oleh salah satu dari pesan-pesan itu sendiri. Ketika anime ini hendak mengajarkan tentang pentingnya kepercayaan diri, dia akan mempermainkan karakter Chuuta laksana sebuah yo-yo -- dia dengan mudahnya melemparkan Chuuta jatuh begitu jauh hingga ke ambang keputusasaan hanya agar dapat langsung mengangkatnya kembali ke kepercayaan diri yang paling tinggi, dan kemudian terus mengulang proses yang sama beberapa kali lagi. Namun, bukannya menjadikan pesan tersebut semakin tegas, pengulangan ini malah menyebabkan keseluruhan tujuannya terkesan kabur. Jika dia harus selalu terlebih dahulu jatuh untuk setiap masalah yang dia temui, bukankah siapapun akan secara otomatis bertanya-tanya apakah Chuuta memang pernah merasa percaya diri?

- Overall Score:
Dengan karakter tokoh utama yang terlalu gampang berubah-ubah, anime ini mungkin akan terasa hampa bagi mereka yang mengharapkan kandungan moral atau nilai emosional di dalam sebuah cerita. Namun, jika anda hanya mencari sesuatu yang dapat terus anda nikmati mulai dari awal sampai akhir, anime ini masih bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara bercerita yang rapi dan kualitas visual yang selalu memuaskan mampu menjamin bahwa anda akan menemukan cukup hiburan pada setiap episodenya. Skor 8 dari 10 (Decent storytelling)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar