Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 21 Juli 2017

LITTLE WITCH ACADEMIA

- Judul: リトルウィッチアカデミア (Little Witch Academia)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Super Powers; Action; Comedy;
- Episode: 25
- Rating: Mild Violence
- Sinopsis:
Kagum menyaksikan pertunjukan sihir Shiny Chariot, Kagari Atsuko atau Akko bertekad akan mengikuti jejaknya dengan bersekolah di Lunanova Witchcraft Academy. Dia tidak memiliki sedikit pun kekuatan sihir pada dirinya, sehingga dia bahkan tidak mampu mengendarai sapu untuk pergi ke Lunanova, namun ketika tanpa sengaja masuk ke sebuah hutan terlarang, Akko tiba-tiba saja menemukan Shiny Rod, tongkat khas milik Shiny Chariot yang telah hilang selama hampir sepuluh tahun dan disebut-sebut menyimpan rahasia tentang suatu sihir kuno yang dapat merubah dunia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski plotnya yang hanya ingin bercerita tentang seorang gadis yang ingin belajar di sekolah sihir mungkin masih terasa terlalu sederhana untuk dapat segera menarik minat penonton, keunggulan anime ini terletak pada bagaimana cara dia menyampaikan cerita tersebut. Pertama, anime ini berhasil menggabungkan sisi jenaka dan sisi yang lebih serius dari ceritanya dengan sangat baik. Komedi yang bersumber dari kegagalan dan tingkah laku bodoh Akko tidak pernah berhenti membuat tertawa, tetapi semua kekonyolan itu juga tidak pernah sampai mengganggu nuansa menegangkan dan emosional ketika anime ini kemudian kembali ke jalan cerita yang utama. Bahkan sebaliknya, dengan memperlihatkan kesulitan yang Akko harus hadapi dalam mengejar impiannya, komedi tadi justru ikut membantu untuk menunjukkan lebih jelas betapa kuat tekad yang dia miliki dan betapa berarti setiap kesuksesan kecil yang mampu dia raih. Kedua, anime ini juga berhasil mengatur agar Akko selalu menemukan sesuatu yang baru pada tiap episode, apakah itu di Lunanova secara khusus ataukah di dunia sihir secara umum. Dengan demikian, walaupun pada akhirnya suatu episode lebih banyak cuma berisi komedi, dia akan tetap menjadi sebuah bagian yang turut mendorong jalan ceritanya bergerak maju. Sebab sebagai seseorang yang sedang belajar, setiap pengetahuan yang Akko peroleh merupakan tanda bahwa dia senantiasa berkembang, maka tidak akan ada satu pun episode yang hanya tampak seperti penundaan sia-sia.
Satu elemen yang barangkali masih terkesan lemah pada cerita anime ini adalah bahwa dia terlalu sering bergantung kepada kejadian-kejadian yang seolah terjadi secara kebetulan. Apabila Akko kemudian mendapatkan pengetahuan baru, hal itu biasanya berawal dari Akko yang secara kebetulan ingin melakukan sesuatu atau sesuatu itu yang secara kebetulan muncul di hadapannya. Namun, ketika diperhatikan lebih saksama, nuansa kebetulan di anime ini sebenarnya tidak pernah sampai melewati batas yang bisa diterima akal. Dia tidak memberi dampak yang terlalu besar sehingga akan memaksa merubah sesuatu dari tidak ada menjadi ada; dia cuma seperti senggolan kecil untuk menjaga agar jalan ceritanya tetap menuju ke arah yang dikehendaki. Yang sesungguhnya menimbulkan masalah hanyalah tingkat kekerapannya yang begitu tinggi, tetapi jika penonton bersedia mempertimbangkan status istimewa Akko sebagai orang yang ditakdirkan untuk membangkitkan kekuatan Shiny Rod, hal ini sendiri pun seharusnya masih dapat dianggap sebuah kebetulan yang masuk akal.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini menyajikan pertunjukan visual yang sangat bagus. Animasi gerakan para tokohnya mengalir halus, visual effects dari kekuatan sihir mereka terlihat menakjubkan, dan sinematografi tatkala mereka sedang beraksi juga mampu menjadikan aksi-aksi tersebut terasa mendebarkan.
Pada bagian audio, voice-acting para tokohnya berhasil menghidupkan karakter mereka masing-masing dengan tepat ... kecuali mungkin untuk tokoh Ursula. Masalahnya bukan pada kemampuan berakting, melainkan pada profil suaranya yang terdengar kurang sesuai dalam mewakili kedua sisi dari karakternya sekaligus. Pendapat ini bisa jadi hanya disebabkan oleh stereotip yang terlanjur mengasosiasikan suatu jenis suara dengan tipe karakter tertentu, tetapi bagaimana pun juga, meski memang sangat cocok bagi Ursula yang cenderung menutup diri dan selalu dihantui rasa bersalah, rasanya sulit dipercaya bahwa suara agak sengau dengan napas pendek itu sebelumnya adalah milik Shiny Chariot yang senantiasa ceria dan penuh semangat.

- Tokoh/Karakter:
Dalam merealisasikan seorang gadis biasa tanpa kekuatan sihir yang ingin belajar menjadi penyihir, hanya karakter seperti Akko, yang keras kepala dan tidak mengenal kata menyerah, yang akan terasa sesuai. Namun kemampuan anime ini dalam memilih karakter yang benar untuk peran yang tepat tidak berhenti cuma pada Akko. Apakah itu peran menonjol yang ikut terlibat dalam kisah Akko, ataukah peran pendukung yang menghibur dengan komedi, ataukah peran samar di latar yang sekadar membuat setting ceritanya terkesan lebih hidup -- setiap tokoh yang anime ini hadirkan tampaknya telah dipersiapkan untuk suatu fungsi tertentu, dan karakter mereka selalu mampu menjalankan fungsi tersebut secara efektif. Bahkan Lotte, yang sekilas terlihat tidak memiliki karakter menarik atau pun ciri khas unik selain kegemarannya pada novel Twi--(ehm) Night Fall, sebenarnya merupakan pengimbang yang baik bagi Akko yang hiperaktif dan para tokoh lain yang cenderung ... eksentrik. Jika di atas disebutkan bahwa tidak ada episode yang sia-sia, dengan tingkat efisiensi setinggi ini, juga tidak ada satu pun adegan yang akan terasa hampa. Sebab siapapun tokoh yang sementara tampil di layar, dia pasti akan menawarkan sesuatu yang berguna.

- Overall Score:
Tidak, jika memang harus jujur, anime ini tidak sempurna. Dia masih menunjukkan beberapa masalah pada semua bagian. Akan tetapi, dia juga memiliki banyak keunggulan yang jauh melampaui jumlah masalah tersebut, membuatnya tampak tidak lebih penting daripada sepotong kayu terapung di tengah samudra yang luas. Ceritanya menggabungkan komedi yang jenaka dan aksi yang seru, audio dan visualnya indah dan senantiasa menghibur, setiap tokohnya efektif dan menyenangkan untuk dilihat -- bila suatu anime sanggup memberikan semua hal ini, bukankah dia sudah memenuhi segala yang anda harapkan darinya? Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- PS4 Game: JPN Ver (Ltd) / JPN Ver / US Ver / EU Ver
- Nendoroid: Akko
- T-Shirt Sleeping Sucy: S / M / L / XL
- T-Shirt Night Fall: S / M / L / XL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar