Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 22 September 2017

ID-0

- Judul: ID-0
- Judul Alternatif: ID-Zero;
- Tipe: TV (April 2017)
- Genre: SciFi; Action; Mystery;
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Setelah penemuan Orichalt yang memungkinkan perjalanan jarak jauh dalam waktu yang singkat, peradaban manusia selanjutnya berkembang dengan berdasar pada mineral tersebut. Mulai dari transportasi hingga komunikasi, semua aspek kehidupan kini sepenuhnya bergantung kepada penggunaan Orichalt. Namun, ketika Ido dan kelompok penambang Excavate menggali di sebuah planet misterius yang tiba-tiba saja muncul, mereka kemudian menyadari bahwa Orichalt ternyata membawa bahaya yang dapat mengancam seluruh umat manusia.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan ceritanya sendiri tampak telah direncanakan dengan baik. Rangkaian kejadian di dalamnya diatur agar selalu terhubung dengan cara yang masuk akal, sehingga inti cerita anime ini secara keseluruhan masih cukup mudah dipahami, meski sebagian besar teknologi yang dia sajikan benar-benar fiktif. Namun, jika memang menonton karena ceritanya, penonton mungkin juga akan menemukan anime ini berjalan terlalu lambat, sebab setiap episodenya terasa tidak memberikan cukup banyak hal yang berarti. Ya, episode-episode tersebut selalu berisi suatu insiden misterius seputar Orichalt, tetapi cuma sampai di situ. That's all! Dan dari satu insiden itu, anime ini kemudian memaksa untuk menghasilkan sebuah cerita berdurasi sekitar tiga puluh menit dengan cara menunda-nunda reaksi para tokohnya melalui pekerjaan yang bertele-tele atau percakapan yang sia-sia. Kesalahannya bukan terletak pada manajemen episode itu sendiri, melainkan mungkin justru pada keputusannya sedari awal untuk menjadi sebuah serial sebanyak dua belas episode. Seandainya saja dia memilih suatu bentuk dengan durasi yang lebih singkat, anime ini pun tentu akan terlihat lebih padat.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Sejauh tingkat kualitas animasi CG di industri anime pada umumnya, visual di anime ini masih termasuk cukup bagus. Namun barangkali satu hal yang perlu dikritik adalah bahwa dia menampilkan gerakan I-Machine terlalu mendekati gerakan tubuh manusia biasa. Meski di satu sisi hal ini sesuai dengan ceritanya yang menyebutkan I-Machine sebagai pengganti tubuh manusia, dia seharusnya tetap merupakan mesin dengan batasan-batasan tertentu. Dengan kata lain, performanya boleh saja sebaik tubuh manusia, tetapi gerakannya tentu ditujukan lebih utama untuk dapat melaksanakan tugas daripada sekadar meniru gerakan manusia. Terdapat terlalu banyak gerakan tidak penting yang terkesan tidak mekanis, dan sebagai sebuah kisah fiksi ilmiah, hal ini kemudian menyebabkan teknologi yang dia perlihatkan akhirnya menjadi kurang believable.

- Tokoh/Karakter:
Anime ini memiliki banyak tokoh, tetapi kecuali Ido yang menyimpan suatu rahasia di dalam ingatannya, mereka semua tidak punya fungsi apapun. Pada sisi positifnya, mereka dikumpulkan bersama melalui suatu proses, bukan terjadi begitu saja, yang kemudian ikut membantu memberi kesan bahwa setiap kejadian di dalam cerita telah direncanakan dengan baik. Namun jika dilihat dari segi kontribusi mereka untuk cerita itu sendiri, para tokoh tersebut nyaris tidak berguna sama sekali. Bahkan termasuk Maya, yang semula tampak seolah akan memiliki peran sangat penting, ternyata akhirnya hanya menjadi satu lagi anggota Excavate dan seorang gadis yang, entah mengapa, jatuh hati kepada Ido. Anime ini ingin menyebutkan bahwa pengetahuan Maya membantu Ido dan yang lainnya menemukan Orichalt, tetapi dengan sains yang hampir seluruhnya fiktif, tidak pernah jelas kontribusi seperti apa yang sesungguhnya Maya berikan melalui pengetahuannya tersebut. Pada kenyataannya, Ido bisa saja mengoperasikan kapal Stulti seorang diri dan cerita anime ini akan tetap berjalan dengan normal, maka jika memang para tokoh yang lain memiliki suatu fungsi, hal itu hanyalah agar anime ini punya cukup sarana untuk mengisi episode-episodenya yang cenderung kosong dengan sebanyak mungkin percakapan.

- Overall Score:
Meski anime ini penuh dengan istilah ilmiah yang asing, perencanaan yang baik menjamin agar setidaknya anda tetap dapat memahami apa yang hendak dia sampaikan. Hanya saja, jalan ceritanya mungkin semula dimaksudkan untuk durasi yang singkat, maka ketika anime ini memaksa untuk menjadikannya lebih panjang, setiap episodenya pun kemudian lebih sering cuma berisi hal yang sia-sia. Jika anda tidak segera menyukai jenis cerita fiksi ilmiah yang dia tawarkan, anime ini akan cenderung terasa membuang-buang terlalu banyak waktu. Skor 7,5 dari 10 (Hollow episodes)


DVD/Blu-ray:
DVD BOX
Blu-ray BOX

Goods:
- T-Shirt Maya: S / M / L / XL
- T-Shirt Ido: S / M / L / XL
- CD Soundtrack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar