Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 19 Januari 2018

URAHARA

- Judul: ウラハラ (URAHARA)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2017)
- Genre: Action; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Pada suatu hari, pasukan alien Scoopers tiba-tiba datang menyerang dan mencuri semua jenis kebudayaan yang ada di Bumi. Ketika kreativitas Harajuku menjadi target serangan berikutnya, Sudou Rito, Shirako Mari, dan Watatsumugi Kotoko pun akhirnya harus ikut bertempur melawan para Scoopers demi melindungi kota yang mereka cintai. Agar orang lain tidak sampai terlibat bahaya, menggunakan alat Amatsumara yang dapat mewujudkan apapun hasil imajinasi mereka, ketiganya kemudian menciptakan sebuah dunia terselubung yang disebut Urahara.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bukan sekadar bercerita tentang pertempuran melawan alien, mungkin akan lebih tepat jika dikatakan anime ini hendak menyampaikan pesan kepada penonton seputar makna penting dari kreativitas. Harajuku tampaknya dipilih menjadi setting sebagai pelambangan dari kreativitas yang tidak terbatas. Dan serangan Scoopers pun sebenarnya hanya cara anime ini untuk menunjukkan bahwa hasil karya yang berasal dari imajinasi kreatif seseorang merupakan sesuatu yang amat berharga sehingga tidak sepantasnya dicuri. Oleh karena itulah, meski jalan ceritanya masih selalu bergerak maju, lebih sering penonton akan menemukan para tokoh di anime ini tidak banyak melakukan apa-apa kecuali membahas betapa mereka senang bisa berkreasi dan bahwa mereka saling menyukai hasil kreasi masing-masing. Di satu sisi, dia memang berhasil menyampaikan pesannya dengan sangat jelas, tetapi dari sudut pandang secara umum, cerita anime ini mungkin masih terasa terlalu sederhana dan cenderung hampa dari kejadian-kejadian menarik.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Dengan desain karakter dan gambar latar yang terlihat kasar, visual anime ini jauh dari yang terbaik. Namun, dalam hal animasi, dia sama sekali tidak buruk. Berkat gerakan para tokohnya yang halus dan lancar, setidaknya penonton akan selalu bisa langsung memahami apa yang sedang terjadi di dalam ceritanya.

- Tokoh/Karakter:
Berada di dalam cerita yang lebih sering ingin membahas tentang kreativitas, profil para tokoh di anime ini pun lebih banyak digambarkan hanya sebagai sekelompok gadis kreatif. Setelah serial ini berakhir, kemungkinan besar penonton cuma akan mengingat pada bidang apa mereka memilih untuk berkreasi, bukan tentang siapa atau seperti apa karakter dari masing-masing tokoh tersebut. Namun, meski secara individu memang termasuk dangkal, kombinasi mereka sebagai satu kelompok mungkin masih bisa memberi hiburan tersendiri. Perbedaan di antara mereka sangat sedikit tetapi terlihat jelas, sehingga bahkan percakapan ringan mereka seputar hal-hal kecil tetap mampu menampilkan dinamika yang penuh warna.

- Overall Score:
Anime ini ingin mengajak anda agar menjadi kreatif, dan jika anda memang pernah punya maksud mengembangkan kreativitas, dia bisa cukup berguna untuk setidaknya memberi anda dorongan semangat dan rasa percaya diri. Namun, jika anda mencari adalah hiburan yang lebih umum, anime ini mungkin akan terasa kurang memuaskan. Meski kombinasi para tokohnya sesekali masih mampu menyajikan percakapan menyenangkan, dengan cerita yang agak terlalu sederhana, anime ini tidak menawarkan cukup banyak hal menarik. Skor 7 dari 10 (Ordinary story with occasional fun)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar